Kelebihan dan Kekurangan Android

Referensiana - Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Android 


Kelebihan Android

  1. Keterbukaan, Bebas pengembangan tanpa dikenakan biaya terhadap sistem karena berbasiskan Linux dan open source.
  2. Arsitektur komponen dasar Android terinspirasi dari teknologi internet Mashup. Bagian dalam sebuah aplikasi dapat digunakan oleh aplikasilainnya, bahkan dapat diganti dengan komponen lain yang sesuai denganaplikasi yang dikembangkan.
  3. Banyak dukungan service, kemudahan dalam menggunakan berbagaimacam layanan pada aplikasi seperti penggunaan layanan pencarianlokasi, database SQL, browser dan penggunaan peta.
  4. Siklus hidup aplikasi diatur secara otomatis, setiap program terjaga antarasatu sama lain oleh berbagai lapisan keamanan, sehingga kerja sistem menjadi lebih stabil.
  5. Dukungan grafis dan suarat terbaik, dengan adanya dukungan 2D grafis dan animasi yang di  ilhami oleh Flash menyatu dalam 3D menggunakan OpenGL memungkinkan membuat aplikasi maupun game yang berbeda.
  6. Portabilitas aplikasi, aplikasi dapat digunakan pada perangkat yang ada saat ini maupun yang akan datang. Semua program ditulis dengan menggunakan bahas pemrograman Java dan dieksekusi oleh mesin virtual Dalvik, sehingga kode program portabel antara ARM, X86, dan arsitekturlainnya.

Kekurangan Android

  1. Boros Baterai, Handset Android terkenal boros baterai, hal ini maklum karena efek dari banyaknya fitur android, terutama Fitur 3G, Maps dan GPS.
  2. Fragmentasi, Handset Android dibuat oleh banyak vendor dengan ukuran layar yang berbeda, sebagian menggunakan keyboard fisik, sebagian lagi  hanya  menggunakan touchscreen. Versi Android yang terpasang di handset juga berbeda berbeda, hal ini menyebabkan pengalaman memakai android tidak seragam, hal ini juga sekaligus menyulitkan Programmer dalam membuat program
  3. Tidak Mendukung  J2ME, Bahasa pemrograman untuk membuat program di Android adalah java, namun Java yang dipakai tidak kompatibel dengan J2ME, hal ini dikarenakan Android hanya “meminjam” bahasa nya saja , namun library dan user interfacenya berbeda, bagi programmer J2ME  yang ingin membuat program Android terpaksa harus belajar lagi dari awal dan bagi .
  4. Banyak Malware, Hal yang cukup disoroti dari android adalah securitinya, beberapa bulan terakhir, Berita di Internet dihiasi dengan banyaknya malware yang menyerang Android.
  5. Update ke End User Lama, Android cukup active dikembangkan, hampir tiap  tahun ada rilis baru, sebut saja tahun 2010 rilis froyo (2.2) dan Gingerbread(2.3) dan Honeycomb (3.0), tahun 2011 ini sudah merilis Ice cream sandwich (4.0). Namun dari sisi vendor atau operator, update ke user bisa makan berbulan bulan, sebagai contoh, froyo di rilis bulan mei 2010, namun pengguna android kebanyakan baru mendapat update setelah bulan september, jadi hampir 6 bulan, berbeda dengan iOS dari Apple.
Kurang lebihnya seperti itu untuk Pengertian Android. Semoga menambah pengetahuan kita dan bermanfaat bagi semua. (Belajar Android)
HALAMAN SELANJUTNYA:


0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Android"

Post a Comment

close[CLICK 2x UNTUK MENUTUP]